AAAAAA



SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Selasa, 28 Februari 2012

Siapa Yang Salah Atau Benar ?

Semua manusia pasti melakukan kesalahan. entah kesalahan itu hanya berdampak pada dirinya saja atau bahkan berdampak kepada orang lain. ketika kesalahan itu hanya berdampak pada dirinya sendiri maka tidaklah sulit untuk menyelesaikannya. dengan menyesalinya dan bertaubat kepada Allah -ta'ala-.



Akan tetapi jika kesalahan itu berdampak kepada orang lain, maka inilah kesulitan yang harus dihadapi. selain menyesali dan bertaubat kepada Allah, juga harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan. kewajiban orang yang salah kepada orang lain hanyalah meminta maaf, entah itu akan dimaafkan oleh yang bersangkutan atau tidak, bukanlah kewajiban orang yang melakukan kesalahan untuk memastikannya.

Jika memastikan bahwa orang yang disalahi telah memaafkan itu menjadi kewajiban orang yang berbuat salah, maka ini termasuk membebankan sesuatu yang tidak mungkin disanggupi. karena memberi maaf atau tidak adalah hak pribadi setiap individu. dan Islam hanya menganjurkan untuk memaafkan. Allah berfirman :

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنْفِقُوا خَيْرًا لِأَنْفُسِكُمْ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Artinya : "Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu (untuk dunia dan akheratmu). Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS At-Taghabun : 16)

- Saling Menyalahkan ? Haruskah Seperti itu ?

Sifat manusia ketika orang lain salah, dia akan menyalahkan orang tersebut. akan tetapi jika dia yang berbuat salah, dia akan diam saja atau membela diri seakan-akan tidak melakukan kesalahan. saling melempar kesalahan atau bahkan menuduh orang lain yang melakukan kesalahan entah itu ada bukti atau tidak sangatlah tidak baik untuk dilakukan, terlebih lagi jika dilakukan didepan umum.

Perlu bersama-sama kita sadari, bahwa ketika kita mengambil keputusan untuk menyalahkan orang lain dapat menimbulkan sesuatu yang lebih buruk maka keputusan yang kita ambil tersebut adalah salah. cobalah dengan cara yang lebih baik lagi, agar orang lain dapat menerima.

Sudah sepantasnya kita semua menyadari bahwa menilai diri sendiri harus diutamakan sebelum menilai orang lain agar tidak cepat mengambil keputusan untuk saling menyalahkan. dan bagi kita yang melakukan kesalahan, renungkanlah sabda Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- berikut :

كل ابن آدم خطاء وخير الخطائين التوابون

Artinya : "Setiap anak Adam pasti berbuat kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang berbuat kesalahan adalah yang bertaubat." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ad-Darimy dengan sanad yang hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar